fbpx

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

 

kambing aqiqah

 

Aqiqah merupakan salah satu tradisi yang dijalankan umat Islam sebagai bentuk syukur atas kelahiran seorang anak. Melalui proses aqiqah, orang tua menghadirkan keberkahan untuk sang anak dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing atau domba.

 

Namun, tidak sekadar proses penyembelihan, ada doa serta tata cara khusus yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW agar prosesi aqiqah terlaksana dengan sempurna.

 

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai doa menyembelih hewan aqiqah, sekaligus memahami pentingnya menjalankan aqiqah sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah Seperti Nabi Muhammad

 

Prosesi aqiqah tidak terlepas dari tata cara penyembelihan hewan yang diatur dalam syariat Islam. Ketika hendak menyembelih hewan aqiqah, ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca.

 

Doa ini menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan karena mengandung niat yang suci dalam proses penyembelihan, agar daging yang diperoleh halal dan barokah.

 

Berikut ini adalah doa yang disunnahkan untuk diamalkan saat menyembelih hewan aqiqah:

 

  1. Bismillah
  2. Takbir, Allahu Akbar
  3. Aqiqah min … (sebut nama anak yang akan diaqiqahi)

 

Tuntunan bacaan diatas berlandasakan pada hadits dari Al-Baihaqi dan selainnya,

 

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: عق عن الحسن والحسين شاتين يوم السابع وأمر أن يماط عن رأسه الأذى وقال اذبحوا على اسمه وقولوا بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

 

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua ekor kambing pada hari ketujuh, dan diperintahkan agar rambut kepalanya dicukur. Lalu beliau berkata, sembelihlah atas namanya, ucapkanlah, “Bismillah wallahu akbar. Allahumma laka wa ilaik. Hadzihi aqiqah fulan.” (Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah untuk si fulan.”

 

Pentingnya Bacaan Doa

 

Membaca doa saat menyembelih hewan aqiqah bukanlah sekedar ritual semata, melainkan juga sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Doa menyembelih hewan aqiqah mengandung pinta kepada Allah agar apa yang dilakukan mendapatkan ridho-Nya dan dapat dijadikan amalan yang shalih bagi orang tua serta bayi yang diaqiqahkan.

 

Secara tidak langsung, doa ini mengajarkan umat Islam tentang pentingnya niat yang baik dan berserah diri kepada Allah dalam setiap langkah ibadah yang dilaksanakan.

 

Selain itu, doa juga berfungsi agar seluruh proses penyembelihan berjalan lancar dan daging yang dihasilkan mendapatkan keberkahan.

 

Kesimpulan

 

Doa menyembelih hewan aqiqah adalah elemen kunci yang menunjukkan keseriusan dan ketakwaan dalam menjalankan syariat Islam.

 

Mengamalkan doa ini dengan benar menegaskan tindakan ibadah yang dilakukan tidak sekadar mengikuti prosedur, tapi juga memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.